“PUSTAKAWAN CILIK SIMPUL LITERASI SEKOLAH”
TUJUAN
Perpustakaan bertujuan memberikan layanan kepada pemustaka, meningkatkan kegemaran membaca, serta memperluas wawasan dan pengetahuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Tujuan umum pustakawan cilik adalah:
• Mempererat hubungan antar siswa-siswi SMP Negeri 21 Purworejo yang bergabung dalam ekstrakulikuler pustakawan cilik
• Menumbuhkan jiwa literasi di kalangan siswa
• Menyiapkan siswa untuk mengikuti perlombaan dan event yang bertujuan meningkatkan prestasi dan kreativitas siswa
• Sebagai media informasi sekolah
• Menampung kreativitas siswa-siswi SMP Negeri 21 Purworejo pada bidang literasi
• Menumbuhkan karakter siswa yang berbudi pekerti, kreativ, kritis, aktif, teliti, tekun, detail, rasional, observan, terstruktur, independent, berwawasan luas, senang menganalisis, senang melakukan riset, terampil interpersonal, senang memecahkan masalah dan inovatif
• Menjadi sarana bagi siswa-siswi SMP Negeri 21 Purworejo dalam berorganisasi, bekerja sama, dan bertanggung jawab.
a. Pengetahuan
• Administratif, Pengetahuan tentang prosedur dan sistem administratif seperti mengelolah kata
• Komputer dan Elektronik, Pengetahuan tentang perangkat keras dan perangkat lunak komputer, termasuk aplikasi dan program Library Management System dan penggunaan Barcode Scanner.
b. Keterampilan
• Aktif Mendengarkan, Memberikan perhatian penuh pada perkataan orang lain, menyisihkan waktu memahami poin yang disampaikan, mengajukan pertanyaan sewajarnya, dan tidak menyela pada waktu yang tidak tepat
• Memantau, Memantau/menilai kinerja diri sendiri, individu lain, maupun organisasi untuk melakukan pengembangan atau mengambil tindakan korektif
• Pemahaman Membaca, Memahami kalimat dan paragraf yang ditulis dalam dokumen
• Berbicara, Berbicara pada orang lain untuk menyampaikan informasi secara efektif
• Menulis, Mengkomunikasikan dengan efektif melalui tulisan yang sesuai dengan kebutuhan
c. Kemampuan
• Penyusunan Informasi – Kemampuan untuk mengatur berbagai hal maupun tindakan dalam urutan atau pola tertentu sesuai dengan aturan yang ditetapkan (contoh: pola angka, huruf, kata, gambar, operasi matematika).
• Pemahaman Lisan – Kemampuan untuk mendengarkan dan memahami informasi dan ide yang disampaikan melalui kata dan kalimat lisan
• Ekspresi Lisan – Kemampuan untuk mengkomunikasikan informasi dan ide ketika berbicara, sehingga orang lain dapat memahami apa yang disampaikan
• Pemahaman Tertulis – Kemampuan untuk membaca dan memahami informasi dan ide yang disampaikan melalui tulisan
• Ekspresi Tertulis – Kemampuan untuk mengkomunikasikan informasi dan ide dalam penulisan sehingga orang lain dapat mengerti
PROGRAM KERJA
Secara umum, ekstrakulikuler pustakawan cilik memiliki tiga program, yaitu:
a. Program jangka pendek
Program jangka pendek merupakan program organisasi yang hanya fokus pada kehidupan organisasi sehari-hari, atau minimal satu kali dalam satu semester. Berikut program-program jangka pendek ekstrakulikuler pustakawan cilik :
• Mengadakan kajian materi satu kali seminggu
• Mengadakan pelatihan pada saat jam istirahat
• Menyampaikan aspirasi siswa kepada pihak sekolah maupun pembina
b. Progam jangka menengah
Program jangka menengah adalah program yang dilaksanakan secara umum dalam satu tahun kepengurusan. Berikut program jangka menengah ekstrakulikuler pustakawan cilik:
• Mengadakan pelantikan dewan pengurusan baru
• Mengadakan sosialisasi User Education (Pendidikan Pemustaka)
• Mengadakan diskusi dan pelatihan menulis
c. Program jangka panjang
Program jangka panjang adalah program yang merupakan usaha-usaha menuju tujuan di masa depan atau memiliki efek yang besar bagi tahun-tahun mendatang. Adapun program jangka panjang ekstrakulikuler pustakawan cilik meliputi:
• Mengadakan Event Festival Menulis cerpen di masa mendatang
• Menerbitkan Antologi Cerpen sebagai koleksi khusus karya peserta didik di masa mendatang
• Mengupayakan kepemilikan komputer dan printer untuk keperluan literasi dan karya tulis siswa