1. Visi

    Berdasarkan potensi yang ada di SMP Negeri 21 Purworejo baik dari segi input/peserta didik baru, kompetensi tenaga pendidik, tenaga kependidikan, lingkungan sekolah,  peran serta masyarakat, dan out come/keberhasilan lulusan serta masyarakat sekitar sekolah yang religius, serta melalui komunikasi dan koordinasi yang intensif antar sekolah dengan warga sekolah maupun dengan stakeholder, maka visi sekolah adalah:

    ” BERPRESTASI, TERAMPIL, BERBUDAYA BERDASARKAN IMAN DAN TAKWA ”

    Indikator Visi Sekolah:

    1. Taat terhadap agama yang dianut, santun, berbudaya, berkarakter serta patuh kepada
    2. Berprestasi dalam bidang Akademis dan Non Akademis.
    3. Menguasai Kecakapan Hidup (Life Skill).

     

    1. Misi

    Mengacu pada visi sekolah dan tujuan pendidikan nasional, maka sekolah merumuskan dan menetapkan visi sebagai berikut:

    1. Mengembangkan Penghayatan dan Pengamalan Ajaran Agama, Nilai Budaya, dan Hukum dalam Kehidupan Sehari-hari.

    Indikator:

    1. Berkembang profil pelajar pancasila yaitu sikap Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia. Berkebinekaan global. Bergotong-royong. Mandiri. Bernalar kritis. Kreatif penghayatan dan pengamalan ajaran agama yang dianut;
    2. Terwujud sikap toleransi inter/antar umat beragama;
    3. Terwujud budaya santun, ramah dan bersahabat;
    4. Terwujud budaya kekeluargaan, dan tolong menolong;
    5. Terwujud sikap taat kepada peraturan perundang-undangan yang berlalu;
    6. Berkembang Penguatan Pendidikan Karakter Religius, Nasionalis, Mandiri, Integritas, Gotong royong;
    7. Berkembang Budaya Literasi dan Numerasi di lingkungan sekolah.
    8. Melaksanakan Proses Pembelajaran yang Efektif, Efisien, dan Inovatif.

    Indikator:

    1. Terdapat rombongan belajar dengan jumlah maksimal 32 anak;
    2. Tersedia kelengkapan sumber belajar dan alat belajar yang memadai;
    3. Terwujud pengelolaan kelas dengan aplikasi pembelajaran tuntas integrasi PPK, Literasi, 4C (Creative, Critical thinking, communicative, dan Collaborative), dan HOTS (Higher Order Thinking Skill);
    4. Terwujud prinsip pembelajaran eksploratif, elaboratif dan konfirmatif;
    5. Diterapkan Pendekatan saintifik yang didukung oleh berbagai metode pembelajaran seperti Inquiry/Discovery Learning, Problem-Based Learning, dan Project Based Learning;
    6. Terwujud transparansi sistim penilaian, supervisi, dan evaluasi;
    7. Terwujud peningkatan kualitas dan kuantitas lulusan;
    8. Terwujud peningkatan perolehan peringkat lomba bidang akademik;
    9. Terwujud pengembangan perangkat kurikulum yang relevan;
    10. Terlaksana berbagai sistem penilaian/asesmen;
    11. Terwujud pelaporan hasil penilaian yang transparan.
    12. Melaksanakan Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Meningkatkan Kecakapan hidup.

    Indikator:

    1. Berkembang kegiatan ekstra kurikuler yang diminati siswa;
    2. Terlaksana kegiatan ekstra kurikuler yang dipilih siswa;
    3. Terlaksana pembimbing kegiatan ektra kurikuler yang baik;
    4. Terwujud peningkatan perolehan peringkat lomba bidang non akademik.
    5. Menyediakan Sarana dan Prasarana Akademis maupun Non Akademis yang Mendukung Tercapainya Tujuan Sekolah.

    Indikator:

    1. Teranalisis kebutuhan sarana dan prasarana pendidikan;
    2. Terlaksana pengadaan dan pengembangan sarana dan prasarana;
    3. Terlaksana pengembangan menejemen sarana dan prasarana;
    4. Terlaksana perbaikan/rehabilitasi sarana dan prasarana yang rusak;
    5. Sekolah mencapai/memiliki standar sarana dan prasarana sekolah meliputi fasilitas, peralatan dan perawatan memenuhi SPM.
    6. Meningkatkan Peran serta Masyarakat terhadap Pendidikan.

    Indikator:

    1. Tumbuh kesadaran orang tua siswa untuk mendukung kegiatan dan sarana prasarana sekolah;
    2. Adanya hubungan kerja sama yang harmonis antara sekolah, komite sekolah dan masyarakat lingkungan;
    3. Adanya hubungan kerja sama yang harmonis dengan pihak-pihak lain yang dapat mendukung dana pendidikan;
    4. Terwujud sistem subsidi silang antara siswa dari keluarga mampu dengan siswa dari keluarga kurang mampu;
    5. Terwujud transparasi pengelolaan dengan menyusun laporan;
    6. Meningkatkan Kepedulian Terhadap Lingkungan Hidup.

    Indikator:

    1. Adanya perubahan perilaku warga sekolah untuk melakukan pelestarian lingkungan;
    2. Terwujud lingkungan yang hijau, bersih, nyaman, indah, dan sehat;
    3. Terlaksana sistem pengelolaan lingkungan dengan baik dan benar;
    4. Terlaksana sistem pengelolaan sampah dengan baik dan benar;
    5. Terlaksananya konservasi air dan sumber energi lainnya yang efektif dan efisien.

     

    1. Tujuan Sekolah

    Tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan dasar mengacu pada tujuan umum pendidikan dasar yaitu meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.

    Secara spesifik, sesuai dengan visi dan misi sekolah, SMP Negeri 21 Purworejo pada akhir tahun pelajaran 2022/2023, diharapkan dapat mencapai tujuan sebagai berikut:

    1. Tujuan Jangka Pendek (1 tahun)
      • Membentuk Pelajar yang menghormati budaya, beriman dan berakhlak mulia serta cinta tanah air;
      • Mendorong Pelajar untuk mampu mengkreasikan ide yang dituangkan dalam tulisan atau tindakan yang berakar pada budaya lokal;
      • Menyelenggarakan proses pembelajaran yang memacu Pelajar bernalar kritis, kreatif dan inovatif dalam mengembangkan ide dan gagasan;
      • Mengoptimalkan sarana prasarana sekolah yang menunjang peseta didik dalam mengkreasikan ide/gagasan yang berakar pada nilai budaya lokal;
      • Menciptakan Pelajar yang mampu bernalar kritis dalam pelaksanaan kegiatan berbasis Projek yang mengedepankan jiwa dan profil pelajar pancasila.
    2. Tujuan Jangka Panjang (4 tahun)
      • Merancang pembelajaran yang multideferensial dengan mengedepankan ciri khas sekolah dan daerah dalam nuansa kebhinekaan global yang harmonis;
      • Membentuk Pelajar yang memiliki kemampuan daya saing, berkarakter, berprestasi dan memiliki pribadi yang beriman, rajin dan taat beribadah serta saling menghargai perbedaan dan mencintai lingkungan dan bangsanya;
      • Menghasilkan lulusan yang telah mampu mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila dalam kehidupan sehari-hari;
      • Menjadi pemimpin bagi diri dan temannya untuk menjadi pribadi yang bernalar kritis, tangguh, percaya diri dan bangga dalam kegotong-royongan;
      • Menguasai kecakapan dalam berkomunikasi sosial dan berjiwa kompetitif, kreatif dan mandiri yang tetap menjunjung budaya lokal;
      • Mempunyai life skill yang mampu berdapatasi dengan perekembangan jaman;
      • Mampu mengkreasikan ide/gagasan yang dituangkan dalam tindakan atau karya yang berakar dari budaya lokal dalam kebhinekaan global;
      • Mempunyai karakter yang sopan, santun dan dan mandiri, kreatif yang mampu bersaing sesuai perkembangan jaman;
      • Menjadikan sekolah sebagai tempat untuk mengembangkan proses perkembangan intelektual, emosional, sosial, ketrampilan dan tumbuh kembang Pelajar sesuai tingkat kemampuan dan kondisi masing masing Pelajar yang mengedepankan nilai gotong royong;
      • Menjadikan masyarakat dan orang tua sebagai mitra bersama dalam menjalankan penyelenggaraan pendidikan sekolah.

     

    1. Moto Sekolah

    Usaha untuk selalu meningkatkan dan memupuk semangat seluruh warga sekolah diantaranya dengan membuat moto sekolah. Moto SMP Negeri 21 Purworejo adalah “SEKOLAH BOLEH DI DESA TETAPI KUALITAS TIDAK KALAH DENGAN SEKOLAH DI KOTA